Cara Install OS Windows7 Melalui VMware

by : Admin Situsnesia.com

Disini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara install OS Windows7 melalui sebuah aplikasi virtual (VMware).

Siapkan bahannya terlebih dahulu…
   
     1. File Iso OS windows7 
     2. VMware/VirtualBox


Oke… langsung saja kita ke TKP.

Pertama, install dan buka aplikasi VMware dan pilih Create a New Virtual Machine (Ctrl+N). Setelah itu, kita pilih “Typical” untuk mempermudah konfigurasi bagi pemula.

Karena saya tidak menggunakan DVD Windows7, maka saya pilih “Installer disc image file (.iso)”. Lalu, klik browse dan cari file .iso Windows 7 dan klik open.

Pastikan muncul tulisan “Windows 7 detected” itu menandakan file .iso telah terbaca. Lalu klik next.

Pada tahap ini kita diminta untuk mengisi “Windows product key” sebenarnya boleh diisi dan boleh juga dikosongi. Untuk full name dan password isi sesuka hati :D password tidak saya isi karena takut lupa :D. Lalu, klik next.

Untuk Virtual machine name isi sesuka hati kita. Dan pilih lokasi penyimpanan sesuai keinginan, saya sarankan ubah lokasi ke disk(D) saja agar penyimpanan system windows disk(C) tidak menumpuk. Lalu, klik next.

Selanjutnya kita isi ukuran harddisk yang akan digunakan pada windows7 virtual, ga perlu terlalu banyak cukup 10GB saja. Lalu, pilih “Split virtual diskinto multiple files” dan klik next.

Klik Finish dan tunggu proses “Creating disk”.

Lalu akan muncul tampilan awal instalasi OS windows 7. Jika tidak muncul logo windows 7 atau ada pesan error “No bootable device” dapat dipastikan file .iso windows7 tadi corrupt.


Baca juga :

Setelah itu, tunggu proses konfigurasi dan installasi selesai. Sambil nunggu prosesnya yang lumayan lama kita bisa minum kopi dulu biar ga ngantuk :D.

Nahh jika selesai maka windows7 akan melakukan restart untuk pertama kalinya.


Dan Proses installasi selesai.

Sekian pembahasan saya, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Mohon maaf jika ada salah atau kekurangan dan terimakasih atas kunjungan anda.


Situsnesia.com Yuk, berani bergerak maju dan melawan rasa takut.

0 Response to "Cara Install OS Windows7 Melalui VMware"

Post a Comment

Iklan Tengah Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel