Definisi, Komponen, Fungsi, dan Cara Kerja CPU


CPU merupakan perangkat keras (hardware) computer yang berfungsi dan bertugas melaksanakan setiap perintah dari software atau perangkat lunak computer. Secara umum, definisi CPU atau Central Processing Unit adalah otak system computer yang menjadi alat pengolah pusat.
CPU juga biasa disebut dengan sebutan processor karena merupakan pengolah pusat dari system computer. Dalam computer, CPU merupakan komponen paling utama dan hampir dari semua operasi computer dilakukan oleh CPU. Untuk itu, tanpa CPU computer tentu tidak akan berfungsi.

  • Komponen-Komponen CPU
Di dalam CPU ini terdapat beberapa komponen yang saling bekerja dalam mengolah system computer. Komponen-komponen CPU diantaranya adalah
1.      ALU (Arithmetic & Logic Unit)
2.      CU (Control Unit)
3.      Register
4.      CPU Interconnections

  1. ALU
Komponen yang satu ini sering juga disebut dengan mesin bahasa dan merupakan komponen yang bertugas melakukan operasi logika atau operasi aritmetika. Selain itu, tugas ALU melakukan keputusan sesuai instruksi program yang terkait operasi logika.

  1. CU (Control Unit)
Unit Control ini sangat penting sebagai pengatur jalannya program dalam computer.
Tugas unit control ini adalah mensinkronisasikan komponen-komponen dalam CPU agar fungsi operasi cpu berjalan dengan baik. Selain itu, tugas unit control mengatur dan mengendalikan input dan juga output data dalam memori.

  1. Register
Komponen cpu yang satu ini bertugas menyimpan instruksi atau proses data. Biasanya register digunakan hanya untuk menyimpan data saat diolah sehingga penyimpanan ini bersifat sementara saja.

  1. CPU Interconnections
Dan komponen cpu yang terakhir adalah CPU Interconnections. CPU Interconnections ini merupakan komponen yang bertugas menghubungkan komponen-komponen yang ada dalam CPU seperti unit control, register dan ALU dengan komponen eksternal cpu dan system lainnya.

·         Fungsi CPU

Sebagai komponen utama dalam sebuah komputer, CPU memiliki beberapa fungsi penting. Diantara fungsi-fungsi tersebut antara lain :

1. Fetching

Fetching adalah suatu istilah yang digunakan dalam ilmu komputer dan diartikan sebagai proses pengambilan atau pemanggilan data. Dalam sebuah perangkat komputer, data disimpan dalam harddisk pada CPU dengan sebuah alamat.
Diibaratkan data didalam prosesor atau CPU disusun dalam kumpulan alamat dan ketika suatu program dijalankan CPU akan mengambil data dari alamat yang tersimpan dalam komponennya tersebut.

2. Decoding

Dalam suatu sistem CPU, sebuah program yang akan dijalankan atau yang dieksekusi, harus sesuai dengan kode instruksi yang nantinya akan diterjemahkan agar CPU dapat mengenalinya dalam kode instruksi biner. Dapat disimpulkan bahwa decoding adalah suatu proses penterjemahan suatu program ke dalam bahasa yang dimengerti oleh CPU.
Decoding terjadi di dalam CPU dan semua program yang berjalan dalam perangkat komputer harus melalui proses decoding terlebih dahulu.

3. Executing

Saat suatu program dijalankan maka CPU akan mengeksekusi program tersebut. Maksudnya adalah CPU akan melakukan satu hal yakni melakukan kalkulasi atau perhitungan dengan menggunakan suatu komponen didalamnya yang disebut dengan ALU atau Arithmetical Logical Unit .
Kompenen ALU sendiri bertanggung jawab dalam semua proses perhitungan matematika dan logika dalam komputer. Selain itu fungsi eksekusi dari suatu CPU juga berarti sebagai proses pemindahan suatu data dari suatu perangkat memori menuju perangkat memori yang lainnya.

4. Storing

Storing atau menyimpan data adalah salah satu fungsi lainnya dari CPU. Saat seseorang menggunakan komputer maka ia membutuhkan perangkat untuk menyimpannya baik secara sementara maupun secara permanen.
Jika seseorang membutuhkan data dengan cepat dan memyimpannya secara sementara maka CPU akan menyimpannya dalam RAM sementara data yang disimpan secara permanen akan masuk ke dalam harddisk. Kedua fungsi tersebut dilakukan dan dikendalikan sepenuhnya oleh CPU

Cara kerja CPU

Untuk menjalankan fungsi-fungsi tersebut CPU tidak hanya mengandalkan perangkat prosesor akan tetapi juga melibatkan beberapa perangkat lain diantaranya harddisk, motherboard, RAM, Floppy drive, dan lain sebagainya. Semua bagian tersebut tersusun sedemikian rupa dan saling terhubung satu sama lain. Semakin cepat CPU bekerja, semakin baik juga performanya.

Kecepatan CPU diukur dengan satuan Hertz yang berarti satu operasi perdetiknya dan biasanya dituliskan dalam satuan GHz atau Giga hertz. 1 GHz diartikan sebagai kecepatan CPU dalam melakukan satu juta operasi dalam komputer. 


Sekian pembahasan saya, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Mohon maaf jika ada salah atau kekurangan dan terimakasih atas kunjungan anda.

0 Response to "Definisi, Komponen, Fungsi, dan Cara Kerja CPU"

Post a Comment

Iklan Tengah Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel