Istilah-istilah Teknologi Informasi
Tuesday, September 12, 2017
11 Comments
Dalam dunia teknologi
informasi, ada banyak sekali daftar istilah-istilah yang jarang kita dengar
sehingga menimbulkan kebingungan. Oleh karena itu, disini, Saya akan membahas 4
istilah yang ada dalam teknologi informasi yaitu,
- Pemrograman
- Sistem Informasi
- Artificial Intelligence(AI)
- Networking
1.
Pemrograman
Pemrograman adalah kumpulan instruksi-instruksi
tersendiri yang biasanya disebut
source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program).
Sedangkan program adalah kumpulan instruksi atau
perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai urutan nalar yang
tepat untuk menyelesaikan suatu persoalan. (Menurut P. Insap Santosa).
Dan instruksi
(statement) yang dimaksud adalah syntax (cara penulisan) sesuai dengan
bahasa pemrograman yang digunakan yang mempunyai
komponen-komponen : Input, Output, Proses, Percabangan dan Perulangan.
Paradigma
Pemrograman
• Pemrograman Prosedural
– Berdasarkan urutan-urutan, sekuensial
– Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk memanipulasi data. Prosedur
merupakan kumpulan instruksi yang dikerjakan secara berurutan.
– Harus mengingat prosedur mana yang sudah dipanggil dan apa yang sudah diubah.
• Pemrograman Fungsional
– Berdasarkan teori fungsi matematika
– Fungsi merupakan dasar utama program.
• Pemrograman Terstruktur
– Secara berurutan dan terstrukrtur.
– Program dapat dibagai-bagi menjadi prosedur dan fungsi.
– Contoh: PASCAL dan C
• Pemrograman Modular
– Pemrograman ini membentuk banyak modul.
– Modul merupakan kumpulan dari prosedur dan fungsi yang berdiri sendiri
– Sebuah program dapat merupakan kumpulan modul-modul.
– Contoh: MODULA-2 atau ADA
• Pemrograman Berorientasi Obyek
– Pemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana obyek memiliki
data/variabel/property dan method/event/prosedur yang dapat dimanipulasi
– Contoh: C++, Object Pascal, dan Java.
• Pemrograman Berorientasi Fungsi
– Pemrograman ini berfokus pada suatu fungsi tertentu saja. Sangat tergantung
pada tujuan pembuatan bahasa pemrograman ini.
– Contoh: SQL (Structured Query Language), HTML, XML dan lain-lain.
• Pemrograman Deklaratif
– Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan daripada
memecahkan masalah dengan implementasi algoritma.
– Contoh: PROLOG
2.
Sistem
Informasi
Pengertian
Sistem Informasi (SI) Menurut Para Ahli
- John
F. Nash: Pengertian sistem informasi
menurut John F. Nash adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat
teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan
komunikasi yang penting, proses atau transaksi tertentu dan rutin,
membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar
pengambilan keputusan yang tepat.
- Alter: Pengertian sistem informasi menurut Alter bahwa sistem
informasi adalah sebagai tipe khusus dari sistem kerja dimana
manusia dan/mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk
memproduksi produk tertentu dan/jasa bagi pelanggan.
Fungsi
Sistem Informasi
- Untuk
meningkatkan aksesiblitas data yang ada secara efektif dan efisien kepada
pengguna, tanpa dengan prantara sistem informasi.
- Memperbaiki
produktivitas aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem
- Menjamin
tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi
secara kritis.
- Mengidentifikasi
kebutuhan mengenai keterampilan pendukung sistem informasi
- Mengantisipasi
dan memahami akan konsekuensi ekonomi
- Menetapkan
investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi
- Mengembangkan
proses perencanaan yang efektif
Komponen Sistem Informasi
Komponen-komponen ini harus ada
bersama-sama dan membentuk satu kesatuan. Jika satu atau lebih komponen
tersebut tidak ada, maka sistem informasi tidak akan dapat melakukan fungsinya,
yaitu pengolahan data dan tidak dapat mencapai tujuannya, yaitu menghasilkan
informasi yang relevan, tepat waktu dan akurat. Komponen-komponen dari
sistem informasi ini dapat digambarkan sebagai berikut ini :
1. Komponen Masukan (Input Block)
Input merupakan data yang masuk ke dalam sistem informasi. Input termasuk dalam
metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, data dapt berupa
dokumen dokumen dasar.
2. Komponen Model (Model Block)
Kombinasi prosedur, logika, dan model matemetik yang akan memanipulasi data
input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah ditentukan
untuk menghasilkan keluaran yang diingiinkan.
3. Komponen Keluaran (Output Block)
Hasil dari blok keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan
dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai
sistem.
4. Komponen Teknologi (Technology Block)
Teknologi merupakan kotak alat (tool box) dalam sistem informasi. Teknologi
digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses
data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari
sistem secara menyeluruh.
5. Blok Basis Data (Database Block)
Merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu sama lainnya,
tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk
memanipulasinya.
6. Komponen Kendali (Control block)
Beberapa pengendalian yang dirancang secara khusus untuk menanggulangi
gangguan-gangguan terhadap sistem.
7. Komponen hardware
Hardware berperan penting sebagai suatu media penyimpanan vital bagi sistem
informasi.Yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung database atau lebih
mudah dikatakan sebagai sumber data dan informasi untuk memperlancar dan
mempermudah kerja dari sistem informasi.
8. Komponen software
Software berfungsi sebagai tempat untuk mengolah,menghitung dan memanipulasi
data yang diambil dari hardware untuk menciptakan suatu informasi.
Ciri-Ciri
Sistem Informasi
- a. Baru,adalah
informasi yang didapat sama sekali baru dan segar bagi penerima
- b. Tambahan, adalah
informasi dapat diperbaharui atau memberikan tambahan terhadap informasi
yang sebelumnya telah ada.
- c. Kolektif, adalah
informasi yang dapat menjadi suatu koreksi dari informasi yang salah
sebelumnya.
- d. Penegas, adalah informasi yang dapat mempertegas informasi yang telah ada
3.
Kecerdasan
Buatan
Kecerdasan Buatan atau Artificial
Intelligence (AI) merupakan salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar
mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan
manusia.
Dengan adanya kecerdasan buatan, diharapkan
tidak menutup kemungkinan hanya dengan data pengetahuan yang terbatas, sebuah komputer dapat berpikir seperti
manusia dalam menghadapi masalah.
Implementasi kecerdasan buatan dapat diterapkan pada bidang:
- Visualisasi
komputer
Kecerdasan buatan pada
bidang visualisasi komputer ini memungkinkan sebuah sistem komputer mengenali
gambar sebagai input.
Contohnya mengenali
sebuah pola pada suatu gambar.
- Pengenalan
Suara
Kecerdasan buatan pada
pengenalan suara ini dapat mengenali suara manusia. Cara mengenali suara ini
dengan mencocokannya pada acuan yang telah diprogramkan terlebih dahulu.
Contohnya perintah komputer dengan menggunakan suara user.
- Sistem
Pakar
Kecerdasan buatan pada
Sistem Pakar ini memungkinkan sebuah sistem komputer memiliki cara berpikir dan
penalaran seorang ahli dalam mengambil keputusan, untuk memecahkan masalah yang
ada pada saat itu. Contohnya program komputer yang dapat mendiagnosa penyakit
dengan memasukan gejala-gejala yang dialami pasien.
- Permainan
Kecerdasan buatan pada
permainan ini memungkinkan sebuah sistem komputer untuk memiliki cara berpikir
manusia dalam bermain. Contohnya permainan yang memiliki fasilitas orang
melawan komputer. Komputer sudah di program sedemikian rupa agar memiliki cara
bermain seperti seorang manusia bahkan bisa melebihi seorang manusia.
4.
Networking/Jaringan
Networking
adalah praktik menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer secara bersamaan
untuk tujuan berbagi data. Sebuah jaringan itu dibangun dengan
campuran perangkat keras komputer dan perangkat lunak komputer.
Istilah jaringan komputer sendiri juga dapat diartikan
sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer
atau lebih yang saling terhubung. Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah
agar informasi/ data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada
penerima (receiver) dengan tepat dan akurat.
Manfaat Jaringan Komputer
-
Proses
pengiriman data cepat dan efisien
-
Mudahnya
telekomunikasi dengan orang lain
-
Mudahnya
mendapat informasi
-
Sharing
printer
-
dll.
Macam-Macam Jaringan Komputer
Jaringan komputer di kelompokkan menjadi 5 kategori,
yaitu:
1. Jangkauan
geografis,
2. Distribusi
sumber informasi/data,
3. Media
transmisi data,
4. Peranan
dan hubungan tiap komputer dalam memproses
data, dan
5. Jenis
topologi yang digunakan.
Sekian pembahasan saya, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Mohon maaf jika ada salah atau kekurangan dan terimakasih atas kunjungan anda.
mantap gan
ReplyDeleteijin copas
ReplyDeleteSiap makasih gan
ReplyDeleteLengkap banget gan. Ane paling suka yang kecerdasan buatan dalam hal game gan, ane kan sering main game bola di PlayStation tuh, ko bisa ya komputernya pada jago-jago. Pokonya salut deh buat orang-orang IT.
ReplyDeleteMaksud jangkauan geografis itu gimana min? ?
ReplyDeleteSeperti LAN, MAN, dan WAN memiliki cakupan area yang berbeda
ReplyDeletePenjelasanny sangat mudah di mengerti .. Next buat artikel belajar programing gan :D
ReplyDeletePerkembangan teknologi kian pesat dan cepat.yang saya khawatirkan ketika nanti artificiall intellegence sudah diterapkan maka apa yang akan terjadi dengan tenaga kerja manusia itu sendiri.
ReplyDeleteMaaf nih om aku masih kurang mudeng nih tentang Sistem Pakar.
ReplyDeleteMasih kurang ngeh ada penjelsan yg lebih gak?
Makasih infonya terkait istilah2 di sistem informasi gan. Izin request artikel perkembangan AI gan di dunia khususnya di Indonesia
ReplyDeleteArtikel yg sangat bermanfaat banget nih. Cocok yg masih bingung apa itu pemograman, sisfo dan jaringan.
ReplyDelete