Istilah-istilah Teknologi Informasi










Dalam dunia teknologi informasi, ada banyak sekali daftar istilah-istilah yang jarang kita dengar sehingga menimbulkan kebingungan. Oleh karena itu, disini, Saya akan membahas 4 istilah yang ada dalam teknologi informasi yaitu,
  1. Pemrograman
  2. Sistem Informasi
  3. Artificial Intelligence(AI)
  4. Networking

1.    Pemrograman



Pemrograman adalah kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut
source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program). Sedangkan program adalah kumpulan instruksi atau perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai urutan nalar yang tepat untuk menyelesaikan suatu persoalan. (Menurut P. Insap Santosa).
Dan instruksi (statement) yang dimaksud adalah syntax (cara penulisan) sesuai dengan
bahasa pemrograman yang digunakan yang mempunyai komponen-komponen : Input, Output, Proses, Percabangan dan Perulangan.
  
Paradigma Pemrograman

Pemrograman Prosedural
– Berdasarkan urutan-urutan, sekuensial
– Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk memanipulasi data. Prosedur merupakan kumpulan    instruksi yang dikerjakan secara berurutan.
– Harus mengingat prosedur mana yang sudah dipanggil dan apa yang sudah diubah.

Pemrograman Fungsional
– Berdasarkan teori fungsi matematika
– Fungsi merupakan dasar utama program.

Pemrograman Terstruktur
– Secara berurutan dan terstrukrtur.
– Program dapat dibagai-bagi menjadi prosedur dan fungsi.
– Contoh: PASCAL dan C

Pemrograman Modular
– Pemrograman ini membentuk banyak modul.
– Modul merupakan kumpulan dari prosedur dan fungsi yang berdiri sendiri
– Sebuah program dapat merupakan kumpulan modul-modul.
– Contoh: MODULA-2 atau ADA

Pemrograman Berorientasi Obyek
– Pemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana obyek memiliki data/variabel/property dan              method/event/prosedur yang dapat dimanipulasi
– Contoh: C++, Object Pascal, dan Java.

Pemrograman Berorientasi Fungsi
– Pemrograman ini berfokus pada suatu fungsi tertentu saja. Sangat tergantung pada tujuan                    pembuatan bahasa pemrograman ini.
– Contoh: SQL (Structured Query Language), HTML, XML dan lain-lain.

• Pemrograman Deklaratif
– Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan daripada memecahkan                masalah dengan implementasi algoritma.
– Contoh: PROLOG

  
2.    Sistem Informasi

Pengertian Sistem Informasi (SI) Menurut Para Ahli
  • John F. Nash: Pengertian sistem informasi menurut John F. Nash adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atau transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.
  • Alter: Pengertian sistem informasi menurut Alter bahwa sistem informasi adalah sebagai  tipe khusus dari sistem kerja dimana manusia dan/mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan/jasa bagi pelanggan. 

Fungsi Sistem Informasi 
  • Untuk meningkatkan aksesiblitas data yang ada secara efektif dan efisien kepada pengguna, tanpa dengan prantara sistem informasi.
  • Memperbaiki produktivitas aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem
  • Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
  • Mengidentifikasi kebutuhan mengenai keterampilan pendukung sistem informasi
  • Mengantisipasi dan memahami akan konsekuensi ekonomi
  • Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi 
  • Mengembangkan proses perencanaan yang efektif  
Komponen Sistem Informasi
Komponen-komponen ini harus ada bersama-sama dan membentuk satu kesatuan. Jika satu atau lebih komponen tersebut tidak ada, maka sistem informasi tidak akan dapat melakukan fungsinya, yaitu pengolahan data dan tidak dapat mencapai tujuannya, yaitu menghasilkan informasi yang relevan, tepat waktu dan akurat. Komponen-komponen dari sistem informasi ini dapat digambarkan sebagai berikut ini :

1. Komponen Masukan (Input Block)
Input merupakan data yang masuk ke dalam sistem informasi. Input termasuk dalam metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, data dapt berupa dokumen dokumen dasar.
2. Komponen Model (Model Block)
Kombinasi prosedur, logika, dan model matemetik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diingiinkan.
3. Komponen Keluaran (Output Block)
Hasil dari blok keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
4. Komponen Teknologi (Technology Block)
Teknologi merupakan kotak alat (tool box) dalam sistem informasi. Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara menyeluruh.
5. Blok Basis Data (Database Block)
Merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu sama lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya.
6. Komponen Kendali (Control block)
Beberapa pengendalian yang dirancang secara khusus untuk menanggulangi gangguan-gangguan terhadap sistem.
7. Komponen hardware
Hardware berperan penting sebagai suatu media penyimpanan vital bagi sistem informasi.Yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung database atau lebih mudah dikatakan sebagai sumber data dan informasi untuk memperlancar dan mempermudah kerja dari sistem informasi.
8. Komponen software
Software berfungsi sebagai tempat untuk mengolah,menghitung dan memanipulasi data yang diambil dari hardware untuk menciptakan suatu informasi.

Ciri-Ciri Sistem Informasi 

  • a. Baru,adalah informasi yang didapat sama sekali baru dan segar bagi penerima 
  • b. Tambahan, adalah informasi dapat diperbaharui atau memberikan tambahan terhadap informasi yang sebelumnya telah ada. 
  • c. Kolektif, adalah informasi yang dapat menjadi suatu koreksi dari informasi yang salah sebelumnya.
  • d. Penegas, adalah informasi yang dapat mempertegas informasi yang telah ada

3.    Kecerdasan Buatan

Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia.
Dengan adanya kecerdasan buatan, diharapkan tidak menutup kemungkinan hanya dengan data pengetahuan yang terbatas, sebuah komputer dapat berpikir seperti manusia dalam menghadapi masalah.
Implementasi kecerdasan buatan dapat diterapkan pada bidang:

  • Visualisasi komputer
Kecerdasan buatan pada bidang visualisasi komputer ini memungkinkan sebuah sistem komputer mengenali gambar sebagai input.
Contohnya mengenali sebuah pola pada suatu gambar.

  • Pengenalan Suara
Kecerdasan buatan pada pengenalan suara ini dapat mengenali suara manusia. Cara mengenali suara ini dengan mencocokannya pada acuan yang telah diprogramkan terlebih dahulu. Contohnya perintah komputer dengan menggunakan suara user.

  • Sistem Pakar
Kecerdasan buatan pada Sistem Pakar ini memungkinkan sebuah sistem komputer memiliki cara berpikir dan penalaran seorang ahli dalam mengambil keputusan, untuk memecahkan masalah yang ada pada saat itu. Contohnya program komputer yang dapat mendiagnosa penyakit dengan memasukan gejala-gejala yang dialami pasien.

  • Permainan
Kecerdasan buatan pada permainan ini memungkinkan sebuah sistem komputer untuk memiliki cara berpikir manusia dalam bermain. Contohnya permainan yang memiliki fasilitas orang melawan komputer. Komputer sudah di program sedemikian rupa agar memiliki cara bermain seperti seorang manusia bahkan bisa melebihi seorang manusia.


4.    Networking/Jaringan


Networking adalah praktik menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer secara bersamaan untuk tujuan berbagi data. Sebuah jaringan itu dibangun dengan campuran perangkat keras komputer dan perangkat lunak komputer.



Istilah jaringan komputer sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah agar informasi/ data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat.

Manfaat Jaringan Komputer
-          Proses pengiriman data cepat dan efisien
-          Mudahnya telekomunikasi dengan orang lain
-          Mudahnya mendapat informasi
-          Sharing printer
-          dll.

Macam-Macam Jaringan Komputer

Jaringan komputer di kelompokkan menjadi 5 kategori, yaitu:
1.      Jangkauan geografis,
2.      Distribusi sumber informasi/data,
3.      Media transmisi data,
4.      Peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data, dan
5.      Jenis topologi yang digunakan.


Sekian pembahasan saya, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Mohon maaf jika ada salah atau kekurangan dan terimakasih atas kunjungan anda.

11 Responses to "Istilah-istilah Teknologi Informasi"

  1. Lengkap banget gan. Ane paling suka yang kecerdasan buatan dalam hal game gan, ane kan sering main game bola di PlayStation tuh, ko bisa ya komputernya pada jago-jago. Pokonya salut deh buat orang-orang IT.

    ReplyDelete
  2. Maksud jangkauan geografis itu gimana min? ?

    ReplyDelete
  3. Seperti LAN, MAN, dan WAN memiliki cakupan area yang berbeda

    ReplyDelete
  4. Penjelasanny sangat mudah di mengerti .. Next buat artikel belajar programing gan :D

    ReplyDelete
  5. Perkembangan teknologi kian pesat dan cepat.yang saya khawatirkan ketika nanti artificiall intellegence sudah diterapkan maka apa yang akan terjadi dengan tenaga kerja manusia itu sendiri.

    ReplyDelete
  6. Maaf nih om aku masih kurang mudeng nih tentang Sistem Pakar.

    Masih kurang ngeh ada penjelsan yg lebih gak?

    ReplyDelete
  7. Makasih infonya terkait istilah2 di sistem informasi gan. Izin request artikel perkembangan AI gan di dunia khususnya di Indonesia

    ReplyDelete
  8. Artikel yg sangat bermanfaat banget nih. Cocok yg masih bingung apa itu pemograman, sisfo dan jaringan.

    ReplyDelete

Iklan Tengah Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel